Herbal

Senin, 31 Desember 2012

Bukti RVP Jadi Jimat Ampuh Manchester Merah

Robin van Persie (REUTERS/Phil Noble)
Van Persie menyumbangkan 36 poin dari total 49 poin yang ditoreh MU.

VIVAbola - Robin van Persie boleh berstatus sebagai pemain anyar di Manchester United. Namun, ia langsung sukses memikat perhatian publik Old Trafford. Bomber timnas Belanda ini dianggap sebagai "kartu AS" Manchester Merah berhasil memimpin klasemen hingga paruh musim.


Peran vital mantan striker Arsenal ini juga berulang kali dilontarkan Sir Alex Ferguson. Bahkan, RvP kini menjadi pemain yang paling sering mendapat pujian dari sang manajer. Pujian terkini diberikan Fergie usai MU menekuk West Bromwich Albion 2-2, Sabtu kemarin.

"Dia (Van Persie) pemain yang fantastis. Dia masuk dan mengubah permainan kami. Setiap kali bola datang kepadanya, dia dapat mengendalikannya dan berbalik menyerang pertahanan lawan," kata Ferguson seperti dilansir Sky Sports.

"Mereka (West Bromwich Albion) berada di area pertahanan mereka sepanjang laga. Mereka tim yang sangat tangguh dan mereka bekerja keras dalam menjaga pertahanan mereka. Tapi Van Persie mampu melakukan tugasnya dengan baik," lanjut Fergie.

Pujian Ferguson juga didukung dengan catatan menarik yang ditoreh Van Persie di musim perdananya bersama Iblis Merah. Meski di debut pertamanya bersama MU di pentas Premier League berakhir dengan kekalahan 1-0 dari Everton, namun catatan Van Persie tetap mengagumkan.

Dari 20 laga yang telah dilakoni bersama MU, Van Persie berhasil 16 kali merasakan kemenangan, sekali imbang dan tiga kali harus menelan kekalahan. Selain laga pembuka kontra Everton, kekalahan lain yang ditoreh MU saat menjamu Tottenham Hotspur dan laga tandang melawan Norwich City.

Dengan catatan dari pekan ke pekan itu, MU kini berhak memimpin klasemen di penghujung tahun 2012. MU berhasil mengoleksi 49 poin atau unggul tujuh poin dari pesaing terdekat sekaligus rival sekotanya, Manchester City.

Dari Top Skorer Hingga Aksi Heroik Van Persie

Gol Van Persie ke gawang West Brom, Sabtu kemarin terasa sangat spesial bagi striker 29 tahun ini. Sebab, tambahan satu gol itu membuat Van Persie kini memimpin sendirian dalam daftar top skorer sementara Premier League dengan torehan 14 gol.

Sebelumnya, Van Persie memang harus berbagi tempat dengan gelandang Swansea City asal Spanyol, Michu dalam daftar. Namun, absennya Michu memperkuat Swansea karena cedera di pertandingan terakhir, tampaknya sukses dimanfaatkan Van Persie untuk menjauh.

Torehan gol Van Persie juga sukses meninggalkan torehan gol bomber-bomber Iblis Merah. Andalan MU sebelumnya, Wayne "Wazza" Rooney kini hanya mengoleksi 8 gol sedangkan pemain supersub, Javier "Chicharito" Hernandez, di posisi ketiga dengan torehan 7 gol. Musim lalu, RVP juga menjadi top skorer Premier League bersama Arsenal dengan torehan 30 gol.

Menariknya, torehan 14 gol Van Persie di pentas Premier League musim ini selalu dibarengi dengan kemenangan bagi Manchester United. Setiap RvP mencetak gol, MU selalu sukses meraih kemenangan. Dan tiga kekalahan MU musim ini juga ditandai dengan kegagalan striker kelahiran Roterdam ini mencetak gol.

Jika dikalkulasikan, dari total 16 kemenangan MU musim ini, RvP berhasil mencetak gol di 12 pertandingan termasuk hattrick perdananya saat Iblis Merah menggasak Southampton 3-0 di pekan ketiga Premier League. Dengan kata lain, RvP berhasil menyumbangkan 36 poin dari total 49 poin yang ditoreh MU.

Hebatnya lagai, sosok yang musim lalu ditasbihkan sebagai Pemain Terbaik Premier League ini, juga selalu menjadi penentu saat MU bersua tim-tim kuat Inggris. Saat tandang ke Liverpool di pekan ke-5, MU menang tipis 2-1 lewat gol penentu RvP lewat titik putih penalti.

Di pekan ke-9 saat tandang ke markas Chelsea, ia berhasil mencetak gol yang membuat MU sempat unggul 2-0 sebelum akhirnya MU menang tipis 3-2 lewat penentu dari Javier Hernandez. Kisah heroik RVP terus berlanjut. Di pekan ke-10, RvP mencetak satu gol saat MU menekuk Arsenal 2-1.

Puncaknya, Van Persie juga menjadi pahlawan kemenangan MU saat menekuk pesaing terkuatnya, Manchester City pada awal Desember lalu. Publik Etihad Stadium terbungkam saat tendangan bebasnya yang sempat membentur Samir Nasri sukses menjebol gawang Joe Hart. Gol itu akhirnya membuat MU menang 3-2.

Anak Seorang Seniman yang Sukses Menjadi "Pembunuh"

Van Persie lahir di kota Roterdam, Belanda pada 6 Agustus 1993. Ia terlahir dari pasangan seniman, Bob dan Jose Ras. Ayahnya, Bob, seorang pematung sedangkan ibunya seorang pelukis dan desainer perhiasan.

Tak heran kedua orang tuanya ingin Van Persie menjadi seorang seniman. Namun, RvP tampaknya lebih tertarik dengan sepakbola. Ia lebih senang menjadikan lapangan sebagai kanvas ia mempertontonkan sebuah seni memainkan si kulit bundar.

Keputusan Van Persie terbayarkan. Striker kidal ini mengawali karir sepakbolanya di klub Excelsior sebelum akhirnya diboyong Feyenoord pada 2001. Tiga musim bersama Feyenord, RvP sukses mempersembahkan Piala Eropa pada 2002.

Talenta Van Persie sukses memikat Arsene Wenger yang memboyongnya pada 2004. Ia digadang-gadang sebagai penerus Thierry Henry. Namun, sayangnya dalam delapan musim bersama Meriam London, RvP gagal mengangkat trofi penting. Hanya Piala FA (2005) dan Community Shield (2004) berhasil diraihnya.

Sikap pelit manajemen klub untuk mendatangkan pemain bintang dituding RvP sebagai penyebab Arsenal tak mampu bersaing dengan klub-klub elit Inggris. Puncaknya, Van Persie memutuskan pergi dari klub yang dicintainya itu demi mengejar mimpinya.

Sir Alex Ferguson dengan jeli langsung meresponnya. Ia diboyong ke Old Trafford dengan nilai transfer 24 juta poundsterling atau Rp 374 miliar dan dikontrak selama empat tahun. Harga yang kini tak terbantahkan setelah melihat peran besarnya bagi MU.

Pertanyaannya, mampukah Van Persie menuntaskan paruh musim tersisa untuk merasakan trofi Premier League untuk kali pertama?


Rekam Jejak RVP dari Pekan ke Pekan Bersama MU:

Pekan ke-1, Van Persie masuk sebagai pemain pengganti Danny Welbeck di laga perdana bersama MU di Premier League. MU harus kalah 1-0 dari tuan rumah Everton lewat gol Marouane Fellaini di menit 57.

Pekan ke-2, Van Persie membuka gol saat MU sukses menekuk Fulham 3-2 di Old Trafford.

Pekan ke-3, Van Persie memborong gol kemenangan 3-0 MU atas Southampton. Ini menjadi hattrick perdana RVP bersama MU.

Pekan ke-4, Van Persie masuk sebagai pemain cadangan menggantikan Scholes. MU gagal mencetak gol meski MU menang besar 4-0 melawan Wigan Athletic.

Pekan ke-5, Van Persie sukses mencetak gol penentu kemenangan 2-1 MU atas tuan rumah Liverpool. Gol RVP dicetak lewat titik putih penalti.

Pekan ke-6, RVP menjadi starter saat MU menjamu Tottenham Hotspur di Old Trafford. Sayangnya, MU harus tumbang 2-3.

Pekan ke-7, Van Persie kembali menjadi stater. Meski RVP tak mencetak gol, MU sukses menggulung Newcastle United 3-0.

Pekan ke-8, saat melawan Stoke City, RVP berhasil membuat MU berbalik unggul 2-1 setelah sempat kecolongan lewat gol bunuh diri Rooney. MU akhirnya menang 4-2.

Pekan ke-9, Van Persie mencetak gol ke gawang Chelsea sebelum akhirnya Chicarito memastikan kemenanga 3-2 MU.

Pekan ke-10, Van Persie berhasil membuka gol kemenangan MU saat menekuk Arsenal 2-1.

Pekan ke-11, RVP menjadi starter namun gagal mencetak gol saat MU berhasil comeback. Sempat tertinggal 2-0, MU akhirnya menang 2-3 dari Aston Villa.

Pekan ke-12, Van Persie harus merasakan kekalahan ketiga saat MU ditekuk tuan rumah Norwich City.

Pekan ke-13, Van Persie kembali gagal mencetak gol saat MU menang 3-1 atas Queens Park Ragers.

Pekan ke-14, Van persie mencetak gol tunggal kemenangan MU atas West Ham United.

Pekan ke-15, RVP menjadi penentu kemenangan MU saat laga dramatis melawan tuan rumah Reading. RVP mencetak gol penentu kemenangan 4-3 MU. Semua gol tercipta di babak pertama.

Pekan ke-16, lagi RVP menjadi penentu kemenangan MU saat laga derby Manchester. MU menang 2-3 lewat gol penentu Van Persie lewat sebuah tendangan bebas yang sukses menjebol gawang Manchester City.

Pekan ke-17, Van Persie membuka gol saat MU sukses menekuk Sunderland dengan skor 3-1.

Pekan ke-18, Van Persie gagal mencetak gol saat MU ditahan imbang tuan rumah Swansea 1-1. Gol Patrice Evra berhasil disamakan Michu.

Pekan ke-19, melawan Newcastle United, Van Persie mencetak gol penyama kedudukan 3-3 sebelum akhirnya Chicharito menjadi penentu kemenangan 4-3 MU.

Pekan ke-20, RVP mencetak gol kedua saat MU menekuk West Bromwich Albion 2-0. Gol pertama MU lahir lewat gol bunuh diri pemain West Brom.

VIVAbola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...