Herbal

Rabu, 30 Januari 2013

Menteri Perancis: Negara Bangkrut

Michel Sapin mengeluarkan pernyataan pada waktu yang dianggap tidak tepat./Reuters

Menteri Buruh Perancis Michel Sapin menyatakan negaranya bangkrut dan perlu menempuh rencana pengurangan defisit. Michel Sapin menyatakan hal itu dalam wawancara di radio. Dalam wawancara, dia berusaha menjelaskan mengapa perombakan harus ditempuh.
"Ada negara tetapi negara benar-benar bangkrut," kata Sapin. "Oleh karena itu kita harus menerapkan rencana pengurangan defisit, dan tak ada satu pun hal yang mengharuskan kita membatalkan tujuan itu," tambah Menteri Buruh Michel Sapin.

Wartawan BBC di Paris Christian Fraser melaporkan sejauh ini belum jelas apakah pernyataan Sapin adalah kesalahan atau sengaja dikeluarkan untuk mempersiapkan masyarakat Perancis menghadapi masa-masa sulit.

Waktu tidak tepat

Pernyataan bahwa Perancis bangkrut, kata Fraser, tidak terlalu mengejutkan sebab pada tahun 2007 Perdana Menteri Francois Fillon mengatakan hal serupa. Tetapi pernyataan Menteri Buruh Michel Sapin tersebut dikeluarkan pada saat yang tidak tepat. Belakangan Presiden Francois Holland menghiasai berbagai surat kabar dengan berita negatif.

Pertikaiannya dengan aktor Gerard Depardieu terkait kenaikan pajak bagi golongan kaya menjadi berita besar di Perancis selama beberapa pekan, kata Fraser.

Selain itu muncul data bank sentral Perancis yang mengindikasikan larinya modal secara tiba-tiba pada Oktober dan November lalu ketika pemerintah membeberkan rencana kenaikan pajak.


Sumber :BBC Indonesia
Editor :Egidius Patnistik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...