Herbal

Kamis, 10 Januari 2013

Vladimir Franz, Lelaki Penuh Tato, Presiden Ceko Berikutnya?

APA pendapat jika calon presiden yang akan Anda pilih ternyata tubuhnya penuh tato?

Vladimir Franz, seorang komposer opera dan pelukis, dan tubuhnya penuh tato dari kepala sampai kaki (betul-betul dari kepala sampai kaki!), menjadi salah satu kandidat presiden Ceko selanjutnya. Pemilu Republik Ceko memang akan digelar pekan ini  dan Franz salah satu calonnya.
Franz seringkali dipanggil `Avatar ‘. Bahkan selama debat calon presiden di televisi banyak yang memanggilnya “makhluk eksotis dari Papua Nugini.”

Franz tidak memiliki pengalaman politik dan mengaku hanya tahu sedikit tentang ekonomi. Adapun dia maju sebagai calon presiden dengan alasan klise; banyak yang mendukungnya. Bahkan seorang ekonom terkemuka Ceko menawarkan diri menjadi seorang relawan kampanyenya tanpa dibayar satu sen-pun.

Sejauh ini, Franz baru menghabiskan $ 25.000 dan belum memasang poster dirinya.

Pada tahun 2012 lalu, ada 88.000 yang mendukungnya untuk jadi presiden. Hukum Ceko hanya mengharuskan sebanyak 50.000 saja.

Franz tidak berafiliasi dengan pihak manapun, dan yang ia kampanyekan melulu soal pentingnya pendidikan dan memiliki moral bangsa.

“Sistem (politik) begitu terpesona dengan dirinya sendiri sehingga itu kehilangan kemampuan untuk mencerminkan diri,” katanya dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, Selasa (8/1/2013). Rakyat Ceko, katanya, “sudah muak dengan omong kosong ini.”

Franz terbukti sangat populer di kalangan pemilih muda – dan mereka yang belum memenuhi syarat untuk memberikan suara. Di 441 sekolah tinggi di seluruh negeri, sebulan sebelum pemungutan suara, Franz menang besar, mengumpulkan lebih dari 40 persen dari sekitar 60.000 suara! [sa/islampos/huffington post]

Dia diperkirakan akan memenangkan sekitar 11 persen di babak pertama pada hari Jumat dan Sabtu – tidak cukup untuk membuat runoffs. Tapi dia mungkin berakhir kingmaker sebagai kandidat terkemuka – mantan perdana menteri Jan Fischer dan Milos Zeman – akan bersemangat untuk mengambil berikut nya jika suara pergi ke putaran kedua.

Karel Strachota, yang diselenggarakan pemungutan suara sekolah, kata orang-orang muda tidak lagi mengidentifikasi dengan pihak yang ada.

Franz dipandang sebagai “calon yang tidak tercemar oleh politik,” kata Strachota. “Mereka melihat dengan simpati pada ketidaksesuaian dan cara dia menyajikan dirinya sendiri.”

Dan, mungkin mengejutkan, hanya sedikit mengambil masalah dengan tato nya.

“Secara pribadi, saya tidak akan memilih dia – tapi (tato) tidak masalah sama sekali,” kata Tomas Pistora, yang 33 tahun spesialis TI dari Praha. “Orang-orang muda lebih suka dia karena mereka tidak memiliki pilihan yang lebih baik.”

Ceko, terutama di ibukota, hanya tidak terkejut dengan tampilan Franz karena wajah profesor 53 tahun di Akademi Praha of Performing Arts telah sekitar selama bertahun-tahun.

“Tato ini tidak ada bedanya,” kata Jakub Fisera, seorang mahasiswa di Praha, menambahkan kurangnya pengalaman dalam politik lebih masalah.

Franz menyebut seni tato tubuhnya. Wajahnya adalah kerusuhan swirls hijau dan merah dengan latar belakang biru. Di tangannya adalah potret komposer Ceko Bohuslav Martinu, di dadanya Kristus disalibkan.

“Tato adalah tanda dari kehendak bebas dan yang tidak merugikan kebebasan orang lain,” katanya.

Untuk pertama kalinya, Presiden Republik akan dipilih dalam pemilu – sebuah sistem baru yang memungkinkan calon independen seperti Franz untuk mencalonkan diri untuk jabatan seremonial.

sumber : islampos.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...