Herbal

Rabu, 24 Oktober 2012

Apple Kok Sekarang Mudah Ditebak Ya?

iPad Mini (reuters)
Jakarta - Saat Apple dipegang Steve Jobs, semua informasi soal produk terbaru dari perusahaan ini selalu terkunci rapat hingga hari kelahirannya tiba. Tapi belakangan, produk Apple rasanya tak semisterius dulu. Kenapa ya?

Salah satu kasus terbaru adalah saat peluncuran iPad Mini. Gosip atau kabar angin mulai dari ukuran, bentuk bodi hingga tetek-bengek lainnya nyaris semuanya benar. Di sisi ini, Apple seolah kehilangan keseksiannya.
'Tak ada asap kalau tak ada api' demikian pepatah mengatakan. Dan orang dalam Apple mempunyai jawaban mengapa salah satu perubahan ini terjadi, khususnya saat Jobs wafat kemudian diambil alih oleh Tim Cook.

Dalam pandangan para karyawan, sebagian besar kebocoran tidak berasal dari dalam perusahaan lagi. Sebaliknya, bocoran seperti tentang iPhone 5 atau iPad Mini berasal dari suatu tempat dalam rantai pasokan atau supplier global Apple yang panjang.

"Keamanan produk Apple masih seperti yang dulu, tapi semuanya (informasi yang bocor-red) berasal dari China sekarang," kata seorang karyawan Apple yang tidak disebutkan identitasnya kepada Ars Technica, Rabu (24/10/2012).

"(Jika) Kau punya ribuan orang mengerjakan suatu manufaktur tidak memiliki kepentingan dalam menjaga rahasia, maka saya percaya kebocoran akan terus meningkat," imbuh karyawan Apple lainnya.

Ia menambahkan bahwa suatu hari dirinya percaya kebocoran akan terus terjadi seiring kebutuhan perakitan produk Apple yang semakin meningkat di luar negeri.

"Ini akan semakin sulit untuk menyembunyikan desain industri yang kita lakukan, karena kita memproduksi hal-hal tersebut di luar negeri. Bukan dilakukan (dirakit-red.) di AS." pungkas sang karyawan.

( tyo / ash )
Susetyo Dwi Prihadi - detikinet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...