Herbal

Selasa, 16 Oktober 2012

Jokowi Ajak Warga Gang Sempit Bersihkan Kali

"Tidak usah rumit-rumit, wong duitnya ada semua kok."

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, meninjau kawasan pemukiman padat di Jalan Pademangan Timur VII Gang Telkom RT 16/1, Kelurahan Pademangan, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Selasa 16 Oktober 2012.
Kunjungannya ke kawasan ini untuk melihat kondisi drainase air dan ruang terbuka hijau. "Kami ke sini mau melihat bagaimana drainasenya, bagaimana pemukimannya dan ruang terbuka hijaunya," kata Jokowi di Pademangan.

Di hari kerja pertamanya ini, Jokowi turun ke lapangan tanpa mengenakan pakaian dinas gubernur. Dengan berkemeja putih dipadu celana bahan hitam, ia menuju lokasi didampingi beberapa pimpinan SKPD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Lelah berjalan menyusuri gang-gang sempit di kawasan Pademangan, Jokowi sempat duduk di bangku milik salah satu warga. Ia bersama dengan jajaran SKPD kemudian kembali menelusuri gang Telkom, di mana tardapat saluran air Pademangan V.

Melihat saluran yang dangkal, dia kemudian memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI, Ery Basworo, untuk membicarakan penanganan saluran yang dangkal. Jokowi mengajak Ketua RW setempat untuk kerja bakti. "Masyarakat siap tidak disuruh kerja bakti," tanya Jokowi kepada para warga yang mengerumuninya. Warga pun serentak berteriak "Siap!"

Dikatakan Jokowi, sedimen sampah di saluran tersebut sudah mencapai 80 persen. Sehingga harus segera dilakukan penanganan. "Ada selokan yang sedimennya sudah penuh (sampah) kayak gitu, saya langsung perintah untuk bersihkan. Saya beri waktu satu minggu," katanya.

Ia menginstruksikan Dinas PU untuk membantu menyiapkan karung dan truk untuk pengerukannya. "Tadi saya pesan ke Pak RT supaya ada kerja baktinya juga dari masyarakat," ungkapnya.

Menurut dia dana untuk membersihkan kali tersebut sudah tersedia dalam APBD 2012. Sehingga pengerjaannya bisa segera dilakukan. "Tidak usah rumit-rumit, wong duitnya ada semua kok," katanya.

Dalam kunjungannya ini Jokowi menggunakan Kijang Innova hitam bernomor polisi B 1123 RFR, tanpa pengawalan voojrider. Ia mengaku sengaja melakukan peninjauan di pemukiman padat penduduk untuk melihat penataan rumah. Saat tiba Jokowi langsung disambut antusias oleh warga setempat yang telah menunggu sejak pagi.

© VIVA.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...